pendaftaran dan registrasi pertama

 

UT menyelenggarakan 2 (dua) program pendidikan, yakni program Pendas dan Non-Pendas, Program Non-Pendas adalah program pendidikan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum. Sedangkan Program Pendas merupakan program yang diselenggarakan secara khusus. Pada saat ini program studi yang termasuk dalam program Pendas adalah S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD). Kedua jenis program ini mempunyai sistem registrasi dan waktu ujian yang berbeda. Pada program Non-Pendas semua mata kuliah ditawarkan setiap semester (masa registrasi), sedangkan pada program Pendas mata kuliah ditawarkan dalam bentuk paket semester.



Jenis Registrasi
UT mengenal 3 (tiga) jenis registrasi, yaitu registrasi pertama, registrasi mata kuliah, dan registrasi Tugas Akhir Program (TAP). Registrasi pertama merupakan pencatatan data pribadi mahasiswa beserta mata kuliah yang diambil pada semester pertama. Pencatatan data pribadi hanya dilakukan satu kali selama menjadi mahasiswa UT, yaitu saat registrasi pertama. Selanjutnya, setiap awal masa registrasi semester berikutnya mahasiswa melakukan registrasi mata kuliah. Menjelang akhir masa studi, setiap mahasiswa program S1 diharuskan menempuh TAP yang diawali dengan melakukan registrasi TAP.

 
Waktu Registrasi
Pada dasarnya mahasiswa UT dapat melakukan registrasi sepanjang waktu, namun dalam pelaksanaannya waktu registrasi diatur sebagaimana sesuai dengan masa registrasi. Mahasiswa dianjurkan untuk melakukan registrasi dan membeli bahan ajar pada awal masa registrasi agar mempunyai waktu belajar yang lebih panjang.
Apabila mahasiswa melakukan registrasi setelah melewati batas waktu yang ditentukan, maka berkas registrasinya akan diproses untuk masa registrasi berikutnya.
 
Tempat Registrasi
Registrasi harus dilakukan di UPBJJ-UT dan berkasnya dapat diperoleh di UPBJJ-UT. Alamat UPBJJ-UT dapat dilihat pada Lampiran pada Katalog UT 2009, dan bagi mahasiswa yang berdomisili di luar negeri registrasi harus dilakukan melalui Kantor Perwakilan RI setempat. Alamat Kantor Perwakilan RI dapat dilihat pada Lampiran pada Katalog UT .
 
Registrasi Pertama
1. Persyaratan calon Mahasiswa
  Untuk menjadi mahasiswa UT, calon mahasiswa minimal berijazah Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau yang sederajat. Pada saat melakukan registrasi pertama calon mahasiswa harus melampirkan persyaratan umum, berikut:
  A. Satu lembar fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi:
  - Legalisasi ijazah SMA atau sederajat oleh Sekolah asal yang bersangkutan atau Dinas Pendidikan sekolah asal;
  - Legalisasi ijazah Diploma atau Sarjana oleh perguruan tinggi asal.
  B. Pasfoto berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar dan 3 x 4 sebanyak 2 lembar.
  Selain kedua persyaratan umum di atas, masing-masing program studi juga mempunyai persyaratan khusus yang dapat dilihat pada Bab Kurikulum. Jika persyaratan tersebut tidak dipenuhi, maka yang bersangkutan tidak bisa diterima sebagai mahasiswa UT.
2. Cara Registrasi Pertama
  A. Membeli berkas registrasi pertama di UPBJJ-UT. Bagi mahasiswa penerima beasiswa berkas registrasi pertama dapat diperoleh di instansi pemberi beasiswa atau Pengurus Kelompok Belajar. Biaya pendidikan paket semester program Pendas sudah termasuk biaya berkas registrasi pertama.
  B. Mengisi Formulir Data Pribadi Mahasiswa dan blanko Kartu Mahasiswa dengan lengkap dan benar sesuai dengan petunjuk pengisian yang terdapat pada halaman belakang formulir. Mahasiswa program Non-Pendas mengisi alamat individu yang dapat dijangkau oleh jasa Pos (alamat rumah atau tempat bekerja), sedangkan mahasiswa program Pendas mengisi alamat Pokjar dengan alamat Dinas Pendidikan serta alamat rumah dengan sekolah tempat mengajar. Tempat dan tanggal lahir diisi sesuai dengan surat akte kelahiran atau indentitas lainnya, seperti KTP dan ijazah. Mahasiswa mengisi kode dan nama program studi sesuai dengan pilihannya.
  C. Mengisi Tanda Bukti Setoran UT (TBS-UT) dengan lengkap dan benar sesuai Petunjuk Pengisian yang terdapat pada formulir.
  D. Membayar biaya pendidikan dengan menggunakan TBS-UT melalui Kantor Cabang Bank BTN, Kantor Cabang Pembantu Bank BTN, Kantor Kas Bank BTN, SOPP Bank BTN, atau Kantor Cabang Bank BRI. Besar biaya pendidikan sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada bab ini butir (Biaya Pendidikan). TBS-UT ini sekaligus berfungsi sebagai formulir Registrasi Mata Kuliah.
  E. Menyerahkan atau mengirimkan berkas registrasi yang telah diisi dan dilengkapi persyaratannya ke UPBJJ-UT setempat paling lambat (cap pos) sesuai dengan tanggal batas akhir penutupan registrasi. Persyaratan tersebut terdiri dari :
  1. Fotokopi ijazah terakhir yang telah dilegalisasi.
  2. Khusus untuk calon mahasiswa FKIP Program Pendas dan Non-Pendas, melampirkan Surat Keterangan Mengajar dari Kepala Sekolah dan melampirkan SK CPNS yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan setempat bagi guru yang berstatus PNS atau surat keputusan sebagai guru tetap dari ketua penyelenggara yang berbadan hukum/yayasan(Lampiran 15).
  3. TBS-UT lembar ke-1 yang telah divalidasi oleh Bank BTN/ BRI.
 
  Keterlambatan Lembar 1 TBS-UT warna putih ke UPBJJ-UT akan berakibat pada tidak tercantumnya nama mahasiswa sebagai peserta ujian.
 
  4. Pasfoto ukuran 2 x 3 sebanyak 3 lembar ditempel di blanko kartu mahasiswa.
  5. Menerima kartu mahasiswa dan bukti registrasi dari petugas UPBJJ-UT secara langsung atau melalui pos.
  6. Memeriksa bukti registrasi. Jika masih terdapat kesalahan segera menginformasikan ke UPBJJ-UT untuk diperbaiki dengan melampirkan fotokopi TBS-UT
3. Kartu Mahasiswa
  Kartu Mahasiswa merupakan kartu identitas mahasiswa UT yang harus dibawa pada saat pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) dan pada saat ujian. Kartu mahasiswa mencantumkan data:
  A. Nomor Induk Mahasiswa (NIM)
  B. Nama Mahasiswa
  C. Alamat Mahasiswa
  D. Tempat dan Tanggal Lahir
  E. Program Studi
  F. UPBJJ-UT
  G. Masa Registrasi I.
  Blanko kartu mahasiswa diisi oleh calon mahasiswa menggunakan mesin ketik/komputer.